Monday, 30 April 2018 08:47

Ramadhanesia (Ramadhan untuk Indonesia)

SOLOPEDULI.ORG - Ramadhan kembali menyapa kita, sepantasnya kita menyambutnya dengan sukacita, begitu istimewa bulan Ramadhan bulan yang ditunggu-tunggu ummat Islam, tak hanya di Indonesia bahkan di segala penjuru dunia. Bulan dimana semua ibadah dilipatgandakan pahalanya, Allah SWT memang memberikan bonus spesial bagi hambanya untuk meraih ridhoNya.

Bulan ramadhan menjadi bulan terbaik untuk berbuat kebaikan, memperbaiki diri dan meningkatkan kesalihan. Kesalihan ini ada dua, kesalihan pribadi dan kesalihan sosial, keduanya saling melengkapi terlebih dalam moment Ramadhan. Kesalihan pribadi bersumber dari keimanan, keimanan tercermin dari kualitas iman dengan melaksanakan ibadah-ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah. Kesalihan sosial bersumber dari kasih sayang, karenanya pula tak berlebihan jika ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk saling berbagi dan peduli kepada sesama. Di sekitar kita banyak kita jumpai anak-anak yatim, orang-orang miskin serta kaum dhuafa menjadikan hari-harinya sepanjang tahun sebagai hari-hari panjang untuk berpuasa.

Ramadhan adalah bulan spesial, mari kita sambut dengan cara-cara spesial. Salah satu bekal yang harus dipersiapkan adalah harta (Persiapan Ma’aliyah). Mempersiapkan harta di bulan Ramadhan bukan berarti untuk membeli makanan yang banyak, melainkan untuk amal ibadah seperti infak/shadaqah, zakat mal maupun zakat fitrah, atau memberi makanan buka puasa untuk orang lain.

Dengan melakukan persiapan di atas semoga ibadah kita di bulan Ramahan nantinya akan lebih maksimal dan tentunya mendapat pahala dari Allah Ta’ala dan mendapatkan predikat hamba yang bertaqwa. Pada akhirnya, Selamat menyambut bulan Ramadhan 1439 H bagi umat muslim di Indonesia.

Solopeduli berupaya hadir dibeberapa wilayah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema yang kami angkat 'Ramadhanesia' Ramadhan untuk Indonesia. Memberikan manfaat program menjangkau wilayah pelosok Indonesia. Melalui Solopeduli kami mengajak semua elemen ummat untuk menjadikan Ramadhan di tahun ini menjadi bulan untuk berlomba lomba dalam kebaikan, siapa yang melakukan kebaikan balasan kebaikan itu akan kembali kepadamu.

(Harjito Direktur Umum Solopeduli)

Save

Solo peduli News