Solopeduli News

Wednesday, 02 December 2015 10:00

KLINIK RAWAT INAP SOLOPEDULI LAUNCHING KELAS IBU HAMIL

Written by 
Bidan Tiva memandu senam hamil Bidan Tiva memandu senam hamil

Solopeduli.org, SOLO - Kehamilan ialah ketika seorang wanita mengandung bayi didalam rahimnya. Kehamilan sehat merupakan hal yang didambakan oleh semua pasangan suami istri. Kehamilan yang sehat harus dipahami oleh Ibu karena dapat membantu janin tumbuh sehat dan maksimal.

Klinik Rawat Inap Solopeduli meluncurkan program Kelas Ibu Hamil dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama ibu hamil, Sabtu (21/11). Kelas yang dibuka oleh Dwi Winarni, S.ST, M.PH perwakilan dari KIA Dinas Kesehatan Surakarta.

“Kelas Ibu Hamil ini merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran, ” tutur Dwi.

Pertemuan pertama ini, dihadiri oleh 5 peserta ibu hamil, 2 instruktur dan 1 Bidan dari UPT Puskesmas Ngoresan. Manager klinik, dr. Siti Maysaroh menyampaikan materi tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan, serta perawatan kehamilan. “Program Kelas Ibu Hamil diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan seputar ibu hamil, serta ada perubahan perilaku positif sehingga ibu memeriksakan kehamilan dan melahirkan ke tenaga medis. Dengan begitu dapat meminimalkan angka resiko kematian ibu dan anak, ” ungkap Maysaroh.

Tidak seperti kelas pada umumnya, suasana kelas ibu hamil dibuat santai dan lebih banyak diskusi dua arah. Untuk menambah semangat, peserta membuat yel-yel sendiri yang dipimpin oleh ketua kelas terpilih yaitu Ibu Putri. Lebih jauh, diadakan pre-test dan post-test sebagai variabel yang digunakan untuk mengukur keefektifan kelas ibu hamil ini. Kelas diakhiri dengan senam hamil yang yang dipandu oleh Bidan Tiva.

Kelas ini rencananya akan dilakukan rutin setiap sebulan dua kali pada minggu pertama dan ketiga, dimulai 08.00-selesai.

 

Oleh : Savir
Editor : Paron

Save

Solo peduli News