Solopeduli News

Saturday, 13 January 2018 10:36

Asah Skill di Bidang Teknik Komputer dan Jaringan melalui Prakerin

Written by 

SOLO - Seluruh siswa-siswi kelas XI SMK Gratis Solopeduli Surakarta tengah menjalani masa Praktik Kerja Industri (Prakerin) sejak 25 Desember 2017 lalu. Prakerin ini dilaksanakan di 25 dunia usaha atau dunia industri (du/di) di Kota Surakarta selama dua bulan. “Jadwal Prakerin dimulai sejak 25 Desember 2017 sampai dengan 25 Februari 2018, tetapi ada beberapa instansi atau industri yang memulai Prakerin tanggal 1 Januari. Yang mulai tanggal 4 juga ada, sebab beberapa kondisi tertentu,” terang Bapak Sutono,S.Pd., ketua pelaksana Prakerin.

Sementara itu, Kepala SMK Gratis Solopeduli, Bapak M. Ali Mursidi, S.E., M.Pd, mengungkapkan bahwa selain memberikan pengalaman kerja nyata kepada para siswa, Prakerin merupakan paket wajib dalam pendidikan siswa SMK. “Tujuan Prakerin adalah untuk memberikan latihan kepada siswa terkait sikap dan persiapan mental dalam menghadapi tantangan nyata di dunia kerja setelah lulus masa pendidikan. Selain itu, Prakerin bertujuan untuk memberikan motivasi siswa agar lebih semangat dalam mencapai cita-cita mereka,” tutur Pak Ali.

Dalam penentuan tempat magang, siswa secara mandiri mencari  tempat Prakerin mereka beberapa bulan yang lalu dengan panduan dari sekolah. “Lokasi tempat Prakerin, kami sesuaikan denga pilihan para siswa, tetapi sekolah sebelumnya sudah memberikan list rekomendasi tempat. Lokasi Prakerin ada 25 tempat di wilayah Kota Solo seperti Konimex, Angaksa Pura, LDP, STIMIK SINUS, dan lainnya,“ urai Pak Sutono. Dia juga menambahakan, melalui kegiatan ini diharapkan skill dan kompetensi siswa bisa terasah di tempat Prakerinnya. “Diharapkan skill  para siswa di bidang TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) itu bisa terasah dan betul-betul sesuai yang diharapkan seperti bisa maintenance, trouble shooting, dan skill lainnya seperti desain grafis, desain web, dan sebagainya,” tutup Pak Tono. [Sari/Kjay]

Save

Save

Solo peduli News