Solopeduli News

SOLO-Bersedekah dengan hati yang ikhlas bisa membuat sedekah yang dilakukan semakin berkah, bernilai lebih, dan dibalas dengan kebaikan-kebaikan lain yang lebih mengesankan. Banyak atau sedikit sedekah yang dilakukan, jika hal itu dilakukan karena Allah semata, sedekah yang dilakukan akan mendatangkan berbagai kebaikan juga keberkahan.

Begitu kurang lebih keinginan guru dan wali murid Play Group dan Taman Kanak-kanak Dirasatul Aulad Jama'atul Ikhwan Surakarta. “Para murid melakukan kegiatan pengumpulan sedekah setiap hari Jumat pagi sebagai bentuk latihan agar tertanam dalam jiwa mereka untuk mudah bersedekah dalam kehidupannya kelak,” papar Ibu Dyah, salah satu guru di PG dan TK Dirasatul Aulad Jama'atul Ikhwan tersebut.

Ketika Infaq dan Shadaqah dari anak-anak sudah terkumpul, pihak sekolah sempat kebingungan dalam penyalurannya. Kemudian, dipilihlah LAZ Solopeduli yang dipercaya untuk menyalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya. “Harapannya, anak-anak bisa belajar aktif tentang kepedulian pada sesama melalui infak dan shadaqah. Selain itu, semoga dana ini bisa bermanfaat untuk program-program di Solopeduli, “ imbuh Bu Dyah.

Infak dan Shadaqah sejumlah Rp 1.000.000 selanjutnya diserahkan kepada Solopeduli oleh perwakilan wali murid dan para murid yang diwakili Bapak Ghufron Ghozali, S.E.,M.M., Kepala Sekolah di Play Group dan Taman Kanak-Kanak Dirasatul Aulad Jama'atul Ikhwan Surakarta. Sementara, dari pihak Solopeduli yang menerima dana tersebut adalah Muhammad Purnomo, Kepala Kantor Area Solo. [Poer/Kjay]

Wednesday, 13 December 2017 14:23

SMP Negeri 2 Ngrampal Galang Dana Peduli Bencana

SRAGEN-Meskipun telah memasuki masa-masa Ujian Akhir Semester (UAS), tidak menyurutkan langkah siswa-siswi dan para guru SMP Negeri 2 Ngrampal Kabupaten Sragen untuk berperan aktif berempati dengan memberikan bantuan kepada para korban bencana yang terjadi di Indonesia. Program bernama Peduli Bencana Nasional yang diinisiasi oleh Solopeduli merupakan program kemanusiaan yang bertujuan untuk membantu meringankan beban penderitaan yang dialami korban banjir, tanah longsor, ataupun angin puting beliung. Program ini digelar Solopeduli sebagai respon atas terjadinya beberapa bencana yang terjadi di beberapa wilayah pada bulan November itu.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan merupakan sekolah  adiwiyata, SMP Negeri 2 Ngrampal Sragen memberikan beberapa bantuan kepada korban bencana nasional yang diamanahkan kepada Solopeduli Area Sragen. Bentuk bantuannya meliputi donasi uang dari para siswa sejumlah Rp 1.331.000., sedangkan dari guru sejumlah Rp 1.375.000. Selain uang, bantuan lain yang dihimpun adalah pakaian layak pakai sejumlah 25 paket.

Bantuan diserahterimakan oleh Kepala SMP Negeri 2 Ngrampal, Sapto Wasono, S.Pd., kepada Pihak Solopeduli Area Sragen, Nur Sholihan,S.PdI dan Andi Setya, S.IP. Serah terima bantuan juga dihadiri oleh Pengawas SMP Dinas P&K Sragen Drs. Margono, M.M, guru PAI Agus Yulianto,S.PdI, seluruh Wakil Kepala, Ketua OSIS Fandi, dan salah satu Duta Peduli Sragen, Yuni Susilowati. [Andy/Kjay]

KARANGANYAR-Aksi kepedulian bencana yang terjadi di Indonesia hingga kini masih banyak digelar oleh berbagai elemen masyarakat. Tidak sedikit di antara kegiatan penggalangan dana tersebut yang menjalinkerja sama dengan Solopeduli untuk mekanisme penyaluran kepada yang berhak. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Organisasi Madrasah (Osama) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karanganyar yang mengadakan kegiatan aksi penggalangan dana peduli bencana pada Ahad (10/12) di area Car Free Day Karanganyar.

Dana yang berhasil dihimpun dalam kegiatan tersebut adalah Rp 1.570.000. Dana tersebut selanjutnya diserahkan kepada Solopeduli untuk disalurkan kepada para korban bencana. Penyerahan dana kepada Soloepduli dilaksanakan pada Selasa (12/12) bertempat di Masjid MAN Karanganyar.

Dari pihak MAN Karangayar yang menyerahkan dana adalah Indra Pratama, salah satu pengurus Osama MAN Karanganyar. Sementara, dari pihak Solopeduli yang menerima dana tersebut adalah Sutarno, S.Pt., Manajer Fundraising. Ini bukan kali pertama MAN Karanganyar menjalin kerja sama dengan Solopeduli. Pada saat penggalangan dana untuk etnis Rohingya, juga sudah pernah dilakukan kerja sama serupa.[Kjay]

KARANGANYAR-Beberapa bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Tanah Air, menarik kepedulian masyarakat untuk saling membantu. Aksi kepedulian berupa penggalangan dana atau jenis bantuan lain banyak dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan oleh OSIS SMP Negeri 1 Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Pada Senin (4/12) seluruh keluarga besar SMP Negeri I Colomadu mengadakan kegiatan penghimpunan dana yang akan disumbangkan untuk para korban bencana banjir dan tanah longsor. Selain untuk meringankan beban para korban bencana, kegiatan galang dana juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Jumlah dana yang berahasil dihimpun dari keluarga SMP Negeri 1 Colomadu tersebut adalah Rp 1,2 juta. Kegiatan langsung dikoordinir oleh pengurus OSIS. Secara teknis, para pengurus OSIS menghimpun dana ke setiap kelas serta ke bapak/ibu guru dan karyawan. Kemudian dana dikumpulkan menjadi satu. Dana yang sudah terkumpul selanjutnya diserahkan kepada Solopeduli untuk disalurkan kepada yang berhak menerima.

Penyerahan dana dari pihak sekolah kepada Solopeduli dilakukan pada Senin (11/12) di sekolah. Dana diserahkan langsung oleh ketua OSIS Ralf Haikal Agfannito kepada salah satu perwakilan karyawan Solopeduli Area Solo, Tri Jayanto. Dana tersebut diamanahkan untuk didonasikan ke korban bencana di Pacitan, khususnya di SLB yang beralamat di Jalan Dr. Samratulangi, Desa Sumberharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Para Guru maupun siswa berharap semoga donasi tersebut bermanfaat dan bisa sedikit meringankan penderitaan para korban bencana. [Poer/Kjay]

Save

Solo peduli News