Solopeduli News

Saturday, 09 June 2018 11:46

SOLOPEDULI Gandeng DPLH Santuni Dhuafa Papua

Written by

SOLOPEDULI.ORG,PAPUA-Jumat (8/6), SOLOPEDULI dan mitra menggandeng DPLH Manokwari memberi santunan dan takjil kepada orang-orang Dhuafa di pedalaman Papua Barat.Ramadhan yang penuh spirit keimanan ini, menjadi momentum bagi kaum muslim untuk berlomba-lomba dalam menggapai keimanan kepada Allah SWT. Salah satu sarana untuk meningkatkan keimanan dengan berbagi kepada yang dhuafa. 

Acara santunan ini dimulai di Sanindi Pagar Merah Manokwari Papua Barat dan dilanjutkan ke wilayah pedalaman sekitar. Acara ini juga dihadiri MUI Papua Barat yakni Ahmad Nasrau yang juga mengisi dan mengajak masyarakat untuk bersemangat dalam beribadah dan mengajak masyarakat untuk menunaikan Zakat. Selain buka bersama, penduduk muslim yang Dhuafa baik lokal (asli) maupun pendatang yang berada di Manokwari Papua Barat menerima Paket sembako Lebaran. Ada sebanyak 150 orang dhuafa menikmati santunan tersebut. Adapun tujuan dari buka bersama dan santunan ini adalah untuk mempererat silaturahmi antara penduduk muslim asli Papua Barat dengan pendatang.

SOLOPEDULI merupakan lembaga amil zakat skala provinsi yang bergerak dalam penghimpunan dan penyaluran dana zakat infaq dan sedekah yang berkontor pusat di Jl.Lempongsari Timur 2 No 46A RT 04 RW 06 Lempongsari Gajahmungkur Semarang. Dengan kantor area di seluruh Solo Raya dan mitra jejaring di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah. Dengan tema Ramadhanesia, Ramadhan untuk Indonesia, pada Ramadhan 2018 SOLOPEDULI ingin memberikan kemanfaatan bagi kaum Dhuafa di pelosok-pelosok Indonesia, yakni penyaluran santunan dari Aceh sampai Papua.

Aida selaku Manager LAZ DPLH menyampaikan “kami berharap bisa banyak memberikan santunan untuk masyarakat Papua Barat karena banyak wilayah pedalaman Papua yang belum tersentuh, setidaknya menjelang lebaran ini, mereka mendapat santunan agar mereka bisa merasakan kebahagiaan“. “kami juga mengucapkan terimakasih kepada SOLOPEDULI yang telah bekerjasama membantu kaum dhuafa di Papua, semoga ke depan bisa terus bekerjasama” imbuh Aida”

Harjito selaku direktur umum SOLOPEDULI menyampaikan “ Diawal Ramadhan SOLOPEDULI ke Aceh selanjutnya diakhir Ramadhan SOLOPEDULI, menyalurkan program ke Indonesia timur tepatnya di Papua Barat. Trimakasih kepada seluruh donatur yang telah mempercayakan donasinya kepada SOLOPEDULI"

Image Gallery

View the embedded image gallery online at:
http://www.solopeduli.org/solopeduli-news#sigProGalleria0c54139614
Thursday, 24 May 2018 13:53

Sedekah Yatim Aset Dunia Akhirat-ku

Written by

SOLOPEDULI.ORG, ACEH - Sebagai langkah nyata dalam meringankan kebutuhananak-anak Yatim, senin 20/5/2018 SOLOPEDULI kembali melakukan penyaluran bantuan. Kali ini penyaluran diberikan khusus untuk anak-anak Yatimdi luar panti, tepatnya di Dusun Pantai Gajah Mengasah Kuala Bireaun Aceh. Kegiatanpenyaluran ini dilakukan di salah satu warga di Dusun Pantai Gajah. Acara dimulai pukul 14.30, dan berlangsung lancar.

Bingkisan secara langsungdiberikan oleh Bapak Harjito untuk13 anak yatim yang terpilih, yakni anak-anak Yatim yang benar-benar sangat membutuhkanbantuan. Senyum mengembang di wajah polos mereka saat menerima bantuan dari SOLOPEDULI. “saya senang sekali ada bantuan dari SOLOPEDULI” tutur Nasya Karina (6) salah satu penerima Kado Cinta Yatim yang telah ditinggal ayahnya karena sakit paru-paru.Selain oleh Nasya, ucapan terimakasih disampaikan oleh Munirah (7), “terimakasih SOLOPEDULI atas bantuannya”tuturnya.  Warga  yang ada di Aceh berharap agar SOLOPEDULI bisa terus memberikan bingkisan lebaran maupun santunan Yatim agar di Ramadhan ini anak-anak yatim bisa tetap ceria walau dengan kondisi yang sudah tidak punya ayah.

Tim Relawan SOLOPEDULI menyampaikan “berdasarkan surve  yang dilakukan tim SOLOPEDULI, memperlihatkan data anak-anak Yatim Dhuafa di luar panti masih sangat banyak jumlahnya, baik di Jawa Tengah,di Aceh maupun  di Indonesia. Partisipasi masyarakat dalam menjaga tumbuh kembang anak-anak Yatim di luar panti menjadi sangat diperlukan. Mereka adalah  bagian dari aset bangsa yang akan menggerakan kemajuan negara. Perhatian dan dukungan finansial yang cukup tentu menjadi faktor utama yang akan menentukan keberhasilan mereka dalam menghadapi zaman yang semakin maju. Pemberian bantuan financial berupa donasi yatim maupun yang lainnya akan menjadi penyemangat dan energi dalam kehidupan mereka”.

 

Image Gallery

View the embedded image gallery online at:
http://www.solopeduli.org/solopeduli-news#sigProGalleriaeaea58c018
Thursday, 24 May 2018 13:36

Sedekah Ramadhanku untuk Rohingya

Written by

SOLOPEDULI.ORG, ACEH - Setelah satu bulan terombang-ambing di laut lepas, 21/4/2018 Para pengungsi Rohingya akhirnya mendarat di Laut Kuala Raja Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen Aceh, kali ini rombongan berjumlah 79 orang yang terdiri dari 44 laki-laki, 27 prempuan dan 8 balita. Mereka datang dengan kondisi yang memprihatinkan, hanya dengan menggunakan perahu Tongkat kecil berukuran 1 x 4 meter tanpa atap yang  menjadi kendaran mereka. Rombongan pengungsi Rohingya diterima Pemerintah Daerah di Gedung SBK Kecamatan Kota Juang Aceh. Dari kunjungan yang dilakukan tim SOLOPEDULI pada minggu 20/5/2018 melihat kondisi para pengungsi Rohingya sudah cukup membaik, baik dari sisi fisik maupun mental, ini terlihat dari wajah ceria mereka. Selama mengunjungi pengungsi Rohingya di Aceh, tim SOLOPEDULI menyerahkan bantuan untuk mensupport ibadah mereka, yakni berupa alat perlengkapan ibadah seperti baju Koko, sajadah, mukena, jilbab (hijab), dan Al Quran. Tim SOLOPEDULI juga menyerahkan bantuan 100 dus air mineral, menu buka puasa dan menu sahur bersama.

Setelah berkordinasi dengan pihak-pihak yang terkait, kebutuhan mendesak yang mereka butuhkan adalah air mineral, program terapi trauma Healing dan biaya untuk kebutuhan hidup mereka untuk beberapa waktu ke depan. Semoga kedepan SOLOPEDULI bisa terus membantu saudara-saudara kita para pengungsi Rohingya yang ada di Aceh. Sebuah doa yang kita hadirkan dalam hati, dan kita kirimkan untuk kebaikan mereka tentu akan menjadi penguat jiwa mereka, bantuan fisik berupa donasi tentu sangat mereka butuhkan.

Mari kita ulurkan tangan kita, kita bantu mereka. Mudah-mudahan Allah membalas dan memudahkan urusan-urusan kita.

 

Image Gallery

View the embedded image gallery online at:
http://www.solopeduli.org/solopeduli-news#sigProGalleria1e31f5d539

SOLOPEDULI.ORG, SOLO - SIGAB (Aksi Tanggap Bencana) adalah program SOLOPEDULI yang menangani bencana alam dan bencana kemanusiaan di Indonesia. Pada Selasa 22/5/2018,SIGAB SOLOPEDULI bersama relawan membagikan Takjil di Kawasan Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi Solo. Acara dimulai dari jam 17.00-17.30 WIB. Sejumlah 100 Takjil dibagikan kepada para tukang Becak dan tukang Ojek di area tersebut. Dalam kesempatan ini  SIGAB SOLOPEDULI memberikan Takjil berupa nasi box, yakni menu buka puasa berupa nasi, sayur dan lauk. Program Takjil ini bertujuan untuk memberikan menu berbuka bagi kaum dhuafa, musafir, jamaah Masjid, dan anak-anak Yatim sepanjang bulan Ramadhan. Dalam kesempatan ini SIGAB SOLOPEDULI memberikan Takjil khusus untuk para tukang becak dan tukang Ojek.

Muhammad Nuruddin selaku  kordinator tim SIGAB SOLOPEDULI menyampaikan “Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, kami berharap keberkahan Ramadhan juga bisa dirasakan seluruh elemen masyarakat, termaksud para tukang ojek dan becak. Walau hanya berupa nasi box, tapi para tukang becak dan tukang ojek sangat bahagia menerimannya, ini terlihat dari antusias dan senyum tawa mereka. Mudah-mudahan donasi Takjil yang para donatur titipkan melalui solopeduli akan menjadi jalan kebahagiaan di akhirat kelak, imbuh Muhammad Nurudin.

Image Gallery

View the embedded image gallery online at:
http://www.solopeduli.org/solopeduli-news#sigProGalleria5ed8334046

Save

Solo peduli News