Monday, 12 March 2018 15:23

Wudhu Dan Berbagai Manfaatnya

Written by 

Wudhu menjadi ritual suci bagi umat muslim sebelum menegakkan shalat. Namun, bagi Rasulullah, wudhu sudah menjadi kebiasaan, yang tidak hanya dilakukan menjelang shalat saja, melainkan kapapun.

Wudhu berarti membersihkan diri kita. Baik dari kotoran, kuman, dan bakteri yang mengenai tubuh. Juga sudah bukan rahasia lagi, selain mensucikan diri, wudhu juga memiliki berbagai macam manfaat. Baik dari segi kesehatan dan kecantikan. Namun, perlu diingat, niat utama berwudhu adalah untuk membersikan dan mensucikan diri, sedangkan manfaat kesehatan dan kecantikan adalah bonus bagi yang berwudhu.

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya kerena bekas wudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim), dalam hadist tersebut menjadi poin tambahan manfaat berwudhu kelak. Berikut ini adalah beberapa manfaat berwudhu dari berbagai sisi,

  1. Dari segi kesehatan, ada banyak sekali manfaatnya. Seperti terhindar dari penyakit kulit, sakit gigi dan gusi, dan berbagai penyakit lainnya. Hal tersebut dikarenakan, orang yang berwudhu akan secara otomatis terkena air yang mengalir, sehingga kotoran dan bakteri menyebab penyakit tersebut berkurang.
  2. Selain dari sisi kesehatan, ada juga manfaat dari sisi kecantikan. Berwudhu akan memancarkan kecantikan dari dalam atau innerbeauty, mengapa karena berbagai efek positif wudhu akan menunjukkan kecantikan alami seseorang, walaupun tanpa riasan make up tebal.
  3. Selain itu, wudhu juga dapat merenggangkan otot-otot yang tegang, sehingga dapat membuat orang yang berwudhu menjadi lebih rileks, dan terhindar dari stres yang berlebihan.

Sebenarnya ada banyak lagi manfaat dari wudhu, terlebih lagi berwudhu sebelum tidur seperti yang dilaksanakan Rasullulah SAW, “barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar)

Mari selalu berwudhu dan menjaganya. Semoga bermanfaat.

Referensi: akhbarislam & pondokislami

Save

Solo peduli News